Terlalu Banyak PR Berdampak Buruk Pada Kesehatan Anak

DATE: May 8, 2017

Sebagian anak bisa bebas bermain sepulang sekolah karena guru tidak memberikan PR atau guru memberikan PR tapi tidak terlalu banyak. Sebagian anak sisanya, ada yang tetap sibuk walau sudah sampai di rumah, karena memiliki pekerjaan rumah yang sangat banyak. Tapi tahukah anda bahwa Terlalu Banyak PR Berdampak Buruk Pada Kesehatan Anak

Terlalu Banyak PR Berdampak Buruk Pada Kesehatan Anak

Terlalu Banyak PR Berdampak Buruk Pada Kesehatan Anak | Sejak semasa TK sampai SMA, penelitian terbaru menunjukan kalau beberapa siswa mendapatkan tugas PR dari sekolah dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini membuat para siswa dipaksa untuk menangani beban kerja yang tidak seimbang dengan tingkat perkembangan mereka, sehingga dapat menyebabkan tekanan yang signifikan, baik untuk anak-anak mupun orang tua.

Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti Australia  menyelidiki hubungan antara waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan rumah dengan prestasi akademis siswa. Hasilnya, menereka menemukan jika kebanyak siswa yang mendapatkan terlalu banyak PR justru akan meningkatkan masalah kesehatan karena kurang tidur, stres, kurang waktu bermain, dan lain sebagainya. Terlalu banyak PR tidak membantu anak-anak mendapatkan nilai bagus di sekolah, namun pada kenyataannya hal ini justru malah membuat nilai ujian mereka anjlok.

Hal ini diperkuat oleh Richard Walker, seorang psikolog pendidikan di Universitas Sydney yang mengatakan jika data menunjukkan bahwa di negara-negara yang mayoritas anak-anaknya lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengerjakan PR, justru mendapatkan nilai lebih rendah pada tes standar yang disebut Program for International Student Assessment, atau PISA.

Lalu ada peneliti lain yang dilakukan oleh Profesor Etta Kralovec dari Universitas Arizona, ia mengatakan PR memang memiliki manfaat signifikan bagi siswa SMA. Tapi manfaatnya menurun pada siswa SMP dan sama sekali tak bermanfaat bagi siswa SD.

Banyak PR tidak selalu meningkatkan prestasi anak

Harris Cooper, seorang profesor pendidikan di Duke University, mengatakan jika cara terbaik untuk menyikapi seberapa banyak PR yang ideal untuk siswa, pada dasarnya sama seperti seseorang meminum obat. Jika Anda mengonsumsi banyak obat maka akan memberikan efek bagi tubuh. Namun jika Anda mengonsumsi obat dalam jumlah yang tepat, maka Anda akan merasa lebih baik.

Jadi menurut Cooper, banyak tidaknya PR yang dibebankan kepada siswa harusnya diukur dari kapasitas dan kemampuan siswa itu sendiri. Karena itu, pendapat yang mengatakan bahwa “banyaknya PR yang dibebankan kepada siswa mampu meningkatkan prestasi anak” nyatanya tidak selalu benar.

Cooper juga merekomendasikan agar siswa diberi waktu tidak lebih dari 10 sampai 15 menit per malam untuk mengerjakan PR saat duduk di bangku SD. Namun di setiap tahun, baiknya sang anak secara perlahan mengalami peningkatan waktu pengerjaan PR yang tidak lebih dari 10 sampai 15 menit.

Solusi: mengganti PR dengan hal yang menyenangkan

Beragam perdebatan mengenai PR terhadap prestasi akademik siswa sebenarnya menyiratkan jika ada cara yang lebih baik bagi siswa untuk menghabiskan waktu setelah jam pulang sekolah daripada harus menyelesaikan setumpuk PR.

Jadi, apa yang harus mereka lakukan? Menurut Gerald LeTendre profesor pendidikan dari Universitas Pennsylvania, belajar memainkan alat musik, mengembangkan bakat, aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti klub atau olahraga lebih baik ketimbang mengerjakan setumpuk PR yang sifatnya akademis.

Selain jauh lebih bermanfaat, kegiatan tersebut juga juga memiliki tujuan jangka panjang yang lebih banyak. Pasalnya banyak orang tua yang menginginkan anak-anak mereka menjadi individu yang berpengetahuan luas, kreatif, dan bahagia – bukan hanya anak-anak yang pintar secara akademis semata.

Baca Juga : Alasan Anda Harus Menghindari Minuman Diet Soda || Jenis Radikal Bebas Yang Mengancam Kesehatan Manusia

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai Terlalu Banyak PR Berdampak Buruk Pada Kesehatan Anak, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan barua anda.
Terus kunjungi situs manfaat triflex capsule untuk mendapatkan informasi penting dan menarik lainnya.

| Terlalu Banyak PR Berdampak Buruk Pada Kesehatan Anak |

CATEGORY: Kesehatan Umum


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment:

Full Name: *

Email Address: *

Website:

    • Agen Resmi Walatra Gamat Emas Kapsul Di Purwakarta October 2, 2017
      Kami merupakan agen resmi walatra gamat emas kapsul di Purwakarta yang melayani pengiriman daerah purwakarta dengan sistem COD atau bisa kirim via GO-Jek. Bagi anda yang berada di wilayah Purwakarta dan membutuhkan produk walatra gamat emas kapsul sekarang ini akan sangat mudah dan cepat untuk mendapatkannya karena Alfian Herbal yang menjadi agen resmi produk ini […]
      admin_alfianherbal
    • Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Dengan Cepat September 11, 2017
      Simak informasi mengenai cara meningkatkan jumlah sperma dengan cepat , secara alami dan aman tanpa menimbulkan efeksamping negatif. Jumlah sel sperma pada pria sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga seseorang, mengapa demikian ? karena menurut informasi yang didapatkan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan ketika pasangan suami istri sulit untuk mendapatkan keturunan yaitu karena […]
      admin_alfianherbal

Copyright 2017. NsThemes WordPress Theme.