Buah Segar vs Jus Buah, Mana Yang Lebih Sehat?

DATE: June 3, 2017

Tidak diragukan lagi, tentunya akan banyak manfaat yang anda dapatkan jika rutin makan buah. Tetapi sekarang ini lebih banyak orang yang lebih memilih minum jus ketimbang dengan memakan buah. Lalu, Buah Segar vs Jus Buah, Mana Yang Lebih Sehat? Simak penjelasannya dibawah ini.

Buah Segar vs Jus Buah, Mana Yang Lebih Sehat?

Buah Segar vs Jus Buah, Mana Yang Lebih Sehat? | Buah dan sayur merupakan dua kelompok makanan yang sebaiknya Anda konsumsi setiap hari. Kandungan vitamin, mineral dan serat yang tinggi akan membantu proses metabolisme tubuh Anda sekaligus menjaga kesehatan pencernaan Anda. Dalam sehari, setidaknya Anda perlu mengonsumsi lima porsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi kelompok makanan ini. Untuk sayuran, Anda bisa saja mengonsumsinya dengan cara dimasak menjadi tumisan atau sayuran berkuah. Sedangkan untuk mengonsumsi buah, Anda bisa langsung mengonsumsinya begitu saja atau mengolahnya menjadi jus buah yang segar. Bahkan, untuk mendapatkan jus buah, Anda pun tak peru lagi bersusah payah. Sebab, kini, banyak pedagang yang siap mengolahkan jus buah (yang bisa Anda kombinasikan jenis buahnya sesuai selera) untuk Anda.

Dengan tambahan gula, susu kental manis, dan es, apakah jus buah lantas menjadi lebih sehat? Mengonsumsi buah dalam bentuk jus memang merupakan salah satu cara alternatif yang sering dilakukan banyak orang. Terlebih bagi yang tidak terlalu suka dengan buah. Dengan membuat jus, Anda dapat mencampur beberapa buah sekaligus dan mengonsumsinya dalam satu waktu. Bahkan Anda juga bisa menambahkan sayur ke dalam jus Anda. Hal ini bisa jadi satu cara yang mudah untuk memenuhi jumlah porsi yang harus dikonsumsi sehari.

Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membuat jus. Meski memiliki beberapa manfaat yang disebutkan di atas, Anda akan kehilangan beberapa manfaat bila tidak mengonsumsi buah secara keseluruhan. Saat membuat jus, sebagian besar orang akan mengupas kulit buah bahkan menyaringnya sehingga menghasilkan jus yang mudah diminum. Padahal, bila Anda melakukan hal tersebut maka Anda kehilangan sebagian besar serat yang merupakan kandungan terpenting dalam buah. Selain baik untuk pencernaan, serat juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol.

Bukan hanya itu, orang juga biasanya akan menambahkan gula atau susu ke dalam jus agar terasa lebih manis. Kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Sering disebut-sebut sebagai minuman yang sehat dan alami, jus justru minuman yang mengandung tinggi kalori. Dalam 200 ml jus jeruk mengandung lebih dari 100 kalori. Meminumnya pun tidak akan membuat Anda merasa kenyang karena tidak mengandung serat yang cukup.

Jus dalam kemasan juga bukan minuman yang sehat. Selain mengandung banyak gula, mereka juga sering menambahkan pewarna dan perasa buatan. Saat proses pengemasan, mereka menghilangkan oksigen untuk membuat jus lebih awet. Hilangnya kandungan oksigen dapat menghilangkan juga rasa dan aroma dari buah tersebut, maka dicampurkanlah pewarna dan perasa agar terkesan tetap alami. Ketika dikonsumsi secara terus menerus dalam jumlah yang banyak tentu saja hal tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit degeneratif.

Itulah sebabnya, Anda juga perlu mengonsumsi buah segar. Nikmati manfaat seratnya dengan mengonsumsi buah utuh. Sesekali, sebagai variasi, Anda tetap bisa menghadirkan jus di meja makan Anda. Namun, sebaiknya perhatikan cara membuatnya. Buat jus buah sesaat sebelum dinikmati, dan buatlah jus tanpa gula. Tak perlu khawatir dengan rasanya, Anda bisa mendapatkan rasa manis alami dari buah segar.

Lihat Juga Artikel Menarik Lainnya : perbedaan cold pressed juice dengan jus biasa Tips Atasi Sakit Kepala Saat Puasa Tanpa Minum Obat

| Buah Segar vs Jus Buah, Mana Yang Lebih Sehat? |

CATEGORY: Kesehatan Umum


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment:

Full Name: *

Email Address: *

Website:

    • Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Dengan Cepat September 11, 2017
      Simak informasi mengenai cara meningkatkan jumlah sperma dengan cepat , secara alami dan aman tanpa menimbulkan efeksamping negatif. Jumlah sel sperma pada pria sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga seseorang, mengapa demikian ? karena menurut informasi yang didapatkan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan ketika pasangan suami istri sulit untuk mendapatkan keturunan yaitu karena […]
      admin_alfianherbal

Copyright 2017. NsThemes WordPress Theme.